Hobby yang Timbul Tenggelam : Buat Yoke (Flight Simulator) sendiri Di rumah Bag 1

          Hmm, berawal dari Hobby yang entah datang dari mana kepikiran nih buat simulator sendiri di rumah. Entah kenapa begitu jatuh cinta dengan dunia penerbangan, khususnya dengan yang namanya pesawat. Akhirnya berkenalan lah dengan yang namanya Microsoft Flight Simulator mulai dari yang 2004 atau FS 9 sampai akhirnya nyicip Microsoft Flight Simulator X bahkan yang sekarang Prepar3D setelah di akusisi oleh Lockhed Martin setelah divisi game Microsoft menghentikan pengembangan Microsoft Flight Simulatornya.
Microsoft Simulator X
             Awalnya cuman pake keyboard doang ngendaliinya, eh ternyata sulit, dan emang belum ada pengetahuan sama sekali tentang Penerbangan, alhasil cuman asal2an dan bikin bosen nih. Akhirnya seiring berjalanya waktu, naik tingkat lah make Gamepad buat ngendaliinya. tp kok pengen lebih yah, biar bisa kaya stir beneran hehehe. Akhirnya cari ide pake apa yah buatnya, terbesitlah ide buat stir (Yoke) dari paralon. Lumayan juga nih mikirin mekanismenya gimana, simpelnya sih tinggal tarik kabel dari gamepad keluar n di sambungin ke potensiometer. Tapi metode ini untuk mempermudah n memangkas kabel yang terbatas, terpaksa lah di bongkar total nih gamepad n di keluarin jeroanya.

Modal nekat, Yoke pun di buat dari paralon
Jeroan Gamepad yang udah di bedel dan sudah di hubungkan dengan mekanikal yoke nya
Cuman setengah mati kala itu mikirinya, ga da pengalaman di bidang teknik mesin soalnya  hehehe. Setelah trial n eror beberapa kali Akhirnya Hmm, lumayan lah daripada harus menggunakan keyboard, tapi gamepad masih memiliki kekurangan yakni pergerakan sensornya masih kurang smooth (Halus) ada lompatan ketika si sensor mendekati angka 50 baik sesudah atau sebelum dimana ada lompatan sekitar 10 point yakni ketika menyentuh nilai 40 akan langsung lompat ke 50, begitu juga dari 50 lompat ke 60, baru abis itu urut lagi 60, 61, 62, 63 dst.

Joint Couple Mechanical system dengan potensiometer
Joint Couple Mechanical system dengan potensiometer
Joint Couple Mechanical system dengan potensiometer
Joint Couple Mechanical system dengan potensiometer

Tara...., Jadilah Yoke PVC pipe Version 1 hehehe.....
Akhirnya cari ide, cuman sayang ide ini membutuhkan biaya yang lumayan besar kala itu, yakni target beli joystik dari Logitech terus kabelnya di Bypass keluar dari casing logitech dengan modal nekat hehehe. Akhirnya dapet lah Logitech Extreme 3d second yang di dapat dengan harga sekitar 150 rebu (barunya saat itu sekitar Rp. 350 Ribu.
Logitech Extreme 3d  sebelum di Operasi

Logitech Extreme 3d ketika sedang dibedel untuk memasang kabel tambahan ke potensiometer

hmm, otak dari Logitech Extreme 3d, Made In Malaysia cuy, Indonesia??

 Sama halnya dengan Gamepad sebelumnya, cuman tinggal di hubungkan aja dengan ke jalur potensiometer Axis X & Y aja dan jadi deh. Sayangnya ngga di dokumentasikan waktu itu ketika jadi. Dan selanjutnya pengetesan. Sesuai perkiraan, pergerakan axis yang terdeteksi jauh lebih halus dan lompatan yang terjadi pada gamepad pun tidak muncul di sini. Mantaaap hehehe.
Sekian dulu yah ceritanya, nanti kalo ada waktu, akan ada cerita sambunganya. Soalnya sekarang udah sampe versi ketiga yoke PVC nya dengan beberapa penyempurnaan dan sudah g pake Logitech Extreme 3D karena sudah pake Board PCB Buatan sendiri sebagai Otaknya hehehe.
Nantikan cerita selanjutnya Bye.... Oh iya ada video spoiler yoke versi 3 nih silahkan menonton hehehe jangan lupa subscribe channel Youtubenya ya :D.
 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hobby yang Timbul Tenggelam : Buat Yoke (Flight Simulator) sendiri Di rumah Bag 1"

Post a Comment