Burning File Image menggunakan Nero

Kali ini saya akan memposting bagaimana cara untuk memburning/membakar file iso ke keping cd atau dvd. Software yang di gunakan yaitu nero 8. Namun tidak usah khawatir jika versi nero anda berbeda dengan versi nero yang saya gunakan, karena tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok di tiap versinya.
Trik ini tidak hanya untuk file berformat iso saja, tapi juga dapat digunakan untuk memburn file image yang lain seperti *.nrg, *.cue, *.img dan lain sebagainya.
Langkah pertama seperti biasa, lakukan langkah klik start>All programs> dan selanjutnya menuju folder shorcut software nero anda sehingga akan muncul berikut ini :

Disini saya akan membuka “nero Express” untuk lebih cepat, sehingga akan muncul jendela seperti di bawah ini :

Karena kita akan memburn file image atau iso maka klik menu “image, project, Copy” pada gambar di atas sehingga muncul menu seperti di bawah ini  : 
“Copy Entire CD” : menu ini berfungsi untuk menggandakan atau membuat salinan dari keping CD ke CD atau dari keping CD menjadi file image.
“Copy Entire DVD” : menu ini fungsinya mirip dengan fungsi di atas yaitu untuk menggandakan atau membuat salinan dari keping DVD ke DVD atau dari keping DVD menjadi file image.
“Disc Image or Saved Project” : nah menu yang ketiga ini yang akan kita gunakan, yaitu berfungsi untuk memburn project file image (*.iso, *.iso dll) baik yang telah kita buat dari menu di atas atau file image / file iso yang sudah ada.
Oleh karena itu maka kita pilih menu ke tiga,

Maka muncul box dialog “open” di bawah ini

Sekarang kita browser ke file Image yang ingin kita burning, bisa file ISO, file nrg, file CUE dll. pada contoh ini saya akan burning file iso, dan setelah itu klik "Open" dan akan seperti gambar dibawah ini,


Klik seperti petunjuk tanda panah gambar diatas untuk menentukan kecepatan write yang didukung oleh DVD/ CD Writer yang akan kita burning, dan saran saya pilih kecepatan bakar yang paling rendah untuk mendapatkan hasil yang paling bagus


Selanjutnya tahap akhir nih....
Periksa kembali opsi-opsi yang kita pilih dan pastikan sudah pilihan kita sudah benar.
Oh iya, ada item yang menurut saya penting antara lain :
“Number of Copies” : berfungsi untuk jika kita ingin membuat salinan file iso yang kita buat dalam beberapa keping (digandakan sekaligus) maka isikan angka sesuai yang kita inginkan, tentunya bergantian setelah project pertama selesai.
“verify data on disc after burning” : item ini digunakan untuk mengecek & memastikan hasil dari file yang kita burning.
Dan jika sudah yakin, maka langkah selanjutnya yaitu mengeksekusi tombol “Burn”


setelah itu, tunggu hingga proses burning berakhir.
ok Selamat mencoba!!!

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Burning File Image menggunakan Nero"

  1. bermanfaat bgt gan blog nya... lanjut gan...

    ReplyDelete
  2. blog nya bermanfaat bngt,,
    gan, mau tanya "gmana cara burning dari dvd ke lapotop" menggunakan nero xpres ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya bro? mungkin yang di maksud copy file yah dari dvd ke laptop? mudah saja bro, tinggal copy saja file yang dinginkan setelah dvd yang di maksud berhasil terbaca di laptop, kemudian paste di folder atau drive yang di tuju

      Delete